EFEKTIFITAS STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

TRIASTUTI, APRILIANA (2010) EFEKTIFITAS STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060196.PDF

Download (35kB)
[img] PDF
A410060196.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Al – Islam 1 Surakarta yang berjumlah 37 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 5,41%, sesudah tindakan naik menjadi 52,38%, 2) keaktifan siswa dalm mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 10,81%, sesudah tindakan naik menjadi 62,16%, 3) keaktifan mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan sebesar 13.51%, sesudah tindakan naik menjadi 57,76%, 4) keaktifan siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 21,62%, sesudah tindakan naik menjadi 70,27%, 5) keaktifan siswa menyanggah atau menyetujui ide teman sebesar 27,03%, sesudah tindakan naik menjadi 83,78%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 32,43%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa naik menjadi 91,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi genius learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, strategi genius learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:53
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7251

Actions (login required)

View Item View Item