PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

Hajiyati, Sri (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040058.pdf

Download (192kB)
[img] PDF
A410040058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)mengetahui apakah proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kreatif dengan permainan matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasan simetri, 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan ; (1) melalui model pembelajaran kreatif dengan permainan matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi : (a) keaktifan siswa bertanya dan mengajukan ide sebanyak 12 siswa (33,33%), (b) keaktifan siswa memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebanyak 11 siswa (30,55%), (c) keaktifan siswa mengerjakan soal ke depan kelas sebanyak 17 siswa (47,22%), (d) dan keaktifan serta kreatifitas siswa memanfaatkan sumber belajar yang ada sebanyak 16 siswa (44,44%). (2) Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditujukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 78%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Pembelajaran kreatif, Simetri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2008 02:19
Last Modified: 02 May 2011 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item