PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

ASIAH , SITI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060083.PDF

Download (78kB)
[img] PDF
A410060083.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want to Know dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 24 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want to Know. Hal ini dilihat dari aspek a) Kemauan siswa dalam mengerjakan tugas matematika dari sebelum tindakan 20,83% meningkat menjadi 87,5% pada akhir tindakan; b) Perasaan senang siswa terhadap mata pelajaran matematika dan guru matematika dari sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan; c) Semangat belajar siswa agar dapat berprestasi dari sebelum tindakan 8,33% meningkat menjadi 66,67% setelah tindakan; d) tercapainya kriteria ketuntasan minimal dari sebelum tindakan 29,17% meningkat menjadi 83,33% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, Inquiring Minds Want to Know
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:50
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7240

Actions (login required)

View Item View Item