UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GEMOLONG(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong)

Cahyono, Yuli (2010) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GEMOLONG(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 2 Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060073.PDF

Download (27kB)
[img] PDF
A410060073.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan PAIKEM dan untuk mengetahui bahwa dengan pendekatan PAIKEM dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Gemolong yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa dalam menemukan hal yang diketahui mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebanyak 25 siswa (62,5%), setelah tindakan sebanyak 39 siswa (97,5%). 2) Kemampuan siswa dalam menemukan hal yang ditanyakan mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebanyak 25 siswa (62,5%), setelah tindakan sebanyak 39 siswa (97,5%). 3) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (10%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (82,5%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran matematika dapat mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, pembelajaran, PAIKEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:41
Last Modified: 21 Nov 2019 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item