PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF ”QUESTIONS STUDENTS HAVE” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (PTK pada Siswa Kelas VII F Semester Genap di SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2009/2010)

SUPRAPTI, DARI (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF ”QUESTIONS STUDENTS HAVE” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (PTK pada Siswa Kelas VII F Semester Genap di SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060046.PDF

Download (182kB)
[img] PDF
A410060046.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan siswa pada bangun datar segiempat dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran questions students have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi yaitu triangulasi dengan penyidik. Hasil penelitian meningkatkan keaktifan siswa yang meliputi aspek 1) keberanian untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13.9 %, putaran I sebesar 36.1 %, putaran II sebesar 61.1 %, di akhir putaran mencapai 83.3%, 2) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 13.9 %, putaran I sebesar 27.8 %, putaran II sebesar 47.2 %, di akhir putaran mencapai 69.4 %, 3) mengemukakan ide sebelum tindakan 7.3%, putaran I sebesar 21.95 %, putaran II sebesar 26.82 %, di akhir putaran mencapai 46.34 %, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 19.4 %, putaran I sebesar 44.4 %, putaran II sebesar 55.6 %, di akhir putaran mencapai 69.4%, 5) menyanggah/menyetujui ide teman sebelum tindakan 8.3 %, putaran I sebesar 22.2 %, putaran II sebesar 41.7 %, di akhir putaran mencapai 63.9 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran questions students have dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Questions Students Have
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:30
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item