PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Gemolong)

INDRIYANI , RIA DWI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS (PTK Pembelajaran Matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060038.PDF

Download (120kB)
[img] PDF
A410060038.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan strategi pembelajaran mind mapping pada kelas VIII dilihat dari hasil observasi pembelajaran yaitu (a) pembuatan mind mapping teorema Pythagoras dimulai dari bagian pusat dengan menggunakan gambar atau simbol, (b) menghubungkan cabang-cabang utama ke bagian pusat dan menghubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua dan seterusnya, dengan menggunakan garis melengkung, (c) setiap garis menggunakan satu kata kunci. 2) Ada peningkatan pemahaman konsep : (a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis dengan tepat sebelum tindakan 23,53% dan setelah tindakan 70,5%, (b) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 41,18% dan setelah tindakan 94,12%, (c) kemampuan siswa dalam menanggapi jawaban siswa lain sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 29,41%, (d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi yang meliputi, mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan 23,53% dan setelah tindakan 67,65%. Dengan demikian, ada peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan strategi pembelajaran mind mapping.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, mind mapping, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:22
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item