PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN MELALUI STRATEGI PEER LESSON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Semester II Tahun 2009/2010)

ICMAWATI, ANISA DIKA (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN MELALUI STRATEGI PEER LESSON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Semester II Tahun 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060031.PDF

Download (92kB)
[img] PDF
A410060031.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran peer lesson dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII; (2) untuk meningkatan kreativitas siswa melalui strategi peer lesson pada pokok bahasan himpunan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaksanakan tindakan adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan strategi pembelajaran peer lesson kelas VII dilihat dari hasil observasi pembelajaran yaitu: (a)membagi siswa menjadi sub-sub kelompok sesuai dengan topik yang akan diajarkan; (b)memberikan pada tiap kelompok sejumlah informasi, konsep, atau ketrampilan untuk diajarkan kepada siswa lain; (c)memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok atau guru tentang materi yang belum dipahami; (d)meluruskan pemahaman siswa jika ada yang perlu diluruskan, dan membimbing siswa membuat kesimpulan materi; (e)di akhir pembelajaran selalu mengingatkan siswa untuk mempelajari materi ajar yang akan disampaikan maupun mengulangi materi ajar yang telah disampaikan. (2) ada peningkatan kreativitas siswa, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) kelancaran siswa dalam berpresentasi meningkat dari 11,11% pada putaran I menjadi 25% pada akhir tindakan; 2) Kemampuan siswa bertanya pada kelompok yang sedang presentasi meningkat dari 16,67% pada putaran I menjadi 47,22% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan meningkat dari 8,33% pada putaran I menjadi 27,78% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi peer lesson dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan himpunan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peer lesson, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:12
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7230

Actions (login required)

View Item View Item