EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMP N 3 GODONG

FITRIYANI , IKA (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMP N 3 GODONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050245.PDF

Download (41kB)
[img] PDF
A410050245.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan serta melihat kebenaran kontribusi proses pembelajaran dengan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan realistic mathematics education (RME) yang diterapkan dalam pengajaran Matematika pada siswa SLTP kelas VII guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta untuk merangsang keberanian dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran CPS dan penggunaan pendekatan pembelajaran RME dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godong yang terdiri dari empat kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 46 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan bartlet untuk uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan pendekatan CPS dengan pembelajaran menggunakan pendekatan RME dengan Fh = 2.506. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar Matematika dengan pembelajaran menggunakan pendekatan CPS lebih baik daripada prestasi belajar Matematika dengan menggunakan pendekatan RME. Hal ini ditunjukkan pada hasil nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 68.43 dan kelas kontrol 59.70 pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran_Matematika, Pendekatan, Prestasi_belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 05:18
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7223

Actions (login required)

View Item View Item