HANAFI, NUR ZAMAN (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ”OPEN-ENDED” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganom). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050242.PDF Download (55kB) |
|
PDF
A410050242.PDF Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di SMP N 2 Karanganom kelas VII B melalui pembelajaran matematika dengan metode Open-Ended pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ). Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan pada putaran I sebanyak 25 %, putaran III meningkat menjadi 42,5 %. Kemampuan mengubah bentuk uraian ke model mematika pada putaran I sebanyak 41,67 %, putaran III meningkat menjadi 75 %. Kemampuan mengilustrasikan ide-ide matematika ke dalam bentuk uraian yang relevan dari putaran I sampai putaran III meningkat dari 27,5 % menjadi 55 %. Jadi kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Open-Ended
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Matematika, Open-Ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2010 05:14 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7222 |
Actions (login required)
View Item |