OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

PUJIATI, PUJIATI (2010) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA DI KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050144.PDF

Download (34kB)
[img] PDF
A410050144.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan pembelajaran matematika dengan strategi peta konsep untuk meningkatkan penalaran siswa pada pokok bahasan segiempat. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sejumlah 36 siswa dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan siswa menjawab pertanyaan dan maju ke depan dari sebelum putaran sebanyak 5 siswa (14%) dan diakhir penelitian mencapai 22 siswa (61%), 2) Peningkatan kemampuan memanipulasi matematika dari sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (8%) menjadi 20 siswa (56%), 3) Peningkatan kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan, menyusun bukti, dan memberikan kebenaran solusi dari sebelum putaran sebanyak 10 siswa (28%) dan mencapai 25 siswa (65%) pada akhir tindakan, 4) Peningkatan kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan sebelum tindakan dari 8 siswa (22%) mencapai 20 siswa (56%), 5) Peningkatan kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen menjadi 12 siswa (33%) dari sebelum tindakan hanya 3 siswa (8%), 6) Peningkatan kemampuan menentukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi sebelum putaran sebanyak 4 siswa (11%) menjadi 21 siswa (58%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah strategi peta konsep dapat meningkatkan keenam aspek dalam penalaran. Dengan adanya peningkatan keenam aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penalaran siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, strategi peta konsep, penalaran siswa, segiempat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:45
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7209

Actions (login required)

View Item View Item