PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INCLUSION (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwodadi)

NUGRAHENI , DIAN LESTARI (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INCLUSION (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwodadi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050100.PDF

Download (39kB)
[img] PDF
A410050100.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

pembelajaran matematika melalui metode inclusion, 2). meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode inclusion. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwodadi. Subyek yang membantu dalam penelitian adalah kepala sekolah SMA Negeri 1 Purwodadi, dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu : 1). adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: a) kemampuan siswa mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 10,52% dan sesudah tindakan menjadi 37,5%. b) kemampuan siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan sebesar 18,42% dan sesudah tindakan mencapai 45%. c) kemampuan siswa dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 13,15% dan sesudah tindakan mencapai 32,5%. d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan sebesar 21,05% dan sesudah tindakan mencapai 60%. e) kemampuan siswa dalam kerjasama kelompok sebelum tindakan sebesar 34,21 % dan sesudah tindakan mencapai 50%. 2). adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dinilai dari : a) kemampuan siswa mengkonstruksikan soal cerita dari 35% menjadi 62,5%. b) ketepatan penggunaan rumus dari 45% menjadi 77,5%. c) kebenaran dalam proses menghitung dari 50% menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inclusion dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, matematika, inclusion
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:22
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7203

Actions (login required)

View Item View Item