EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN METODE PENEMUAN PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Tahun Pelajaran 2008/2009)

WIDIANINGSIH , WIWIK (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN METODE PENEMUAN PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050091.PDF

Download (98kB)
[img] PDF
A410050091.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan metode penemuan, (2) Perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika jika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Purwantoro yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 72 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIII-C sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar siswa, metode angket untuk data motivasi belajar siswa serta metode dokumentasi utuk mengetahui nilai ujian semester I matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Tenik analisis data menggunakan analisis variansi (anova) dua jalur. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan (1) Fhitung = 9,407 > Ftabel = 3,986 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran dengan metode penemuan, (2) F hitung = 7,021 > F tabel= 3,136 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan terhadap prestasi belajar matematika jika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) F hitung = 0,834 < F tabel = 3,136 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran NHT, Pembelajaran Penemuan, Motivasi belajar siswa, Prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:11
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item