MARDANA, ASEP TUNJUNG (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI (PTK Pada Siswa kelas VII SMP PGRI 15 Pracimantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050055.PDF Download (220kB) |
|
PDF
A410050055.PDF Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menggunakan pendekatan SAVI. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VII SMP PGRI 15 Pracimantoro sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian,sedangkan siswa kelas VII SMP PGRI 15 Pracimantoro yang berjumlah 38 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pendekatan SAVI terdapat peningkatan keaktifan bertanya dari 8 siswa (21,05%) sebelum tindakan, 10 siswa (26,31%) pada putaran I, 14 siswa (36,84%) pada putaran II, 19 siswa (50%) pada putaran III. Keaktifan menjawab pertanyaan juga mengalami peningkatan dari 10 siswa (26,31%) sebelum tindakan menjadi 12 siswa (31,57%) pada putaran I, 15 siswa (39,47%) pada putaran II, dan 20 siswa (52,63%) pada putaran III. Keaktifan mengemukakan pendapat juga mengalami peningkatan dari 5 siswa (15,78%) sebelum tindakan meningkat menjadi 7 siswa (18,42%) pada putaran I, 10 siswa (26,31%) pada putaran II, dan 17 siswa (44,73%) pada putaran III. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 6 siswa (15,78%) menjadi 11 siswa (28,94%) pada putaran I, 17 siswa (44,73%) pada putaran II, dan 22 siswa (57,89%) pada putaran III. Dengan adanya peningkatan aspek-aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan,pendekatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2010 09:29 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7194 |
Actions (login required)
View Item |