PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIRS SHARE (PTK di MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2009/2010)

MUSYAWAROH, MUSYAWAROH (2010) PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIRS SHARE (PTK di MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050007.PDF

Download (412kB)
[img] PDF
A410050007.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penerima tindakan adalah kelas VII A MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika sedangkan kepala sekolah bertindak sebagai mitra pelaksana proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bilangan melalui pemberian latihan mandiri dengan metode think pairs share. Peningkatan prestasi siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebelum tindakan 10 siswa (25%) dan setelah tindakan menjadi 31 siswa (77,5%), Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 5 siswa (12,5%), setelah tindakan menjadi 19 siswa (47,5%) sedangkan, keberanian siswa dalam memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 3 siswa (7,5%) dan setelah tindakan 15 siswa (37,5%)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Think Pairs Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 08:48
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7187

Actions (login required)

View Item View Item