EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Kurniawati, Irma (2008) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040023.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
A410040023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : ( 1 ) Perbedaan prestasi belajar di tinjau dari penggunaan media Power Point pada pokok bahasan lingkaran. (2) Perbedaan prestasi belajar di tinjau dari motivasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. (3) Interaksi antara media dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo tahun ajaran 2007 – 2008. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Anava dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada α = 5% diperoleh : (1) Fhitung = 5,240 > Ftabel = 3,970 sehingga ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan media Power Point dan metode konvensional, (2) Fhitung = 14,111 > Ftabel = 3,120 sehingga ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) Fhitung = 0,591 < Ftabel = 3,120 sehinga tidak ada interaksi yang signifikan antara media Power Point dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan media Power Point dengan siswa yang diberi pengajaran dengan metode konvensional, ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa, tidak ada interaksiyang signifikan antara media Power Point dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Power Point, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:40
Last Modified: 31 Jan 2011 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item