Aini, Trias Nur (2008) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM BELAJAR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE (Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pabelan 1 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410030145.pdf Download (100kB) |
|
PDF
A410030145.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan proses berpikir siswa dalam belajar geometri dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses berpikir siswa dalam belajar geometri berdasarkan tahap belajar model Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Pabelan 1 Kartasura tahun ajaran 2007/2008. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses berpikir siswa dalam belajar geometri dimulai dari pembentukan suatu konsep bangun datar kemudian proses penyelesaian masalah. Sedangkan faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar geometri adalah cara siswa belajar, motivasi dan minat siswa dalam belajar geometri. Selain itu dapat disimpulkan pula bahwa prosentase penguasaan proses berpikir siswa dalam belajar geometri pokok bahasan luas dan keliling bangun datar pada tahap pengenalan sebesar 94,57 % tergolong sangat tinggi, tahap analisis sebesar 73,91 % tergolong tinggi, tahap pengurutan sebesar 39,13 % tergolong rendah dan tahap deduksi sebesar 20,26 % tergolong rendah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses berpikir, geometri, tahap belajar model Van Hiele. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2008 04:24 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |