FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN PADA USAHA PENJUALAN STEAK HOT PLATE DI WAROENG STEAK SURAKARTA

ARDHANIYANTO , WILLY (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN PADA USAHA PENJUALAN STEAK HOT PLATE DI WAROENG STEAK SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040139.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
P100040139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk membuktikan secara empiris apakah budaya, keluarga, motivasi dan sikap berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih steak hot plate di Waroeng Steak Surakarta, dan membuktikan apakah keluarga paling dominan berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih steak hot plate di Waroeng Steak Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis, dengan menggunakan uji parameter penduga (Uji t). Untuk menguji instrumen pertanyaan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji otokorelasi, heteroskedastisitas dan multikolinaeritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis secara parsial (uji t) adalah sebagai berikut: (a) variabel budaya berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen di Waroeng Steak Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai t-statistik = 2,535 > t-tabel = 1,660; (b) Keluarga berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen di Waroeng Steak Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai t-statistik = 2,451 > t-tabel = 1,660; (c) Motivasi tidak berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen di Waroeng Steak Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai t-statistik = 0,136< t-tabel = 1,660; dan (d) Sikap berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen di Waroeng Steak Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai t-statistik=4,745 > t- tabel = 1,660; (2) Pengujian hipotesis ketepatan model (uji F) menunjukkan nilai F hitung sebesar 12,173 yang berarti > dari F tabel (3,94) hal ini memberikan makna bahwa pengujian model yang digunakan yaitu faktor budaya, keluarga, sikap terbukti secara parsial dan serentak berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen dan faktor motivasi terbukti secara parsial dan serentak tidak berpengaruh searah dan signifikan terhadap perilaku konsumen. (3) Faktor sikap mempunyai kontribusi yang paling kuat dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Hal ini dikarenakan besarnya nilai koefisien regresi sebesar 0,604 adalah yang terbesar dibandingkan dengan keempat variabel yang lain. Hasil dari uji asumsi klasik menyimpulkan model regresi yang digunakan dalam penelitian ini tidak terjadi otokorelasi, tidak terjadi multikolinearitas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Keluarga, Motivasi, Sikap dan Perilaku Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 08:49
Last Modified: 15 Nov 2010 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7042

Actions (login required)

View Item View Item