Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Peninggalan Sejarah Pada Museum Keris

Hanani, Muhammad Wildan and , Heru Supriyono, ST. MSc. PhD (2019) Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Peninggalan Sejarah Pada Museum Keris. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
skripsi_wildan_+perpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Museum Keris merupakan salah satu museum yang berada di Indonesia dan bertempat di kota Surakarta yang diresmikan pada tahun 2017. Museum Keris menyajikan koleksi yang berupa keris dan senjata kuno, dan disitu terdapat fasilitas yang cukup memadai untuk mengenalkan isi dari museum tersebut, namun di dalam museum tersebut pengunjung hanya dapat melihat keris yang berada di dalam lemari dan tidak dapat melihatnya secara keseluruhan. Masyarakat zaman sekarang banyak yang mempunyai smartphone android, dimana smartphone tersebut dapat dimanfaatkan untuk media informasi. Maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi sekarang ini pengunjung dapat merasakan sensasi melihat koleksi yang berada di Museum Keris secara 3D dengan bantuan aplikasi android dan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk menampilkan koleksi pada Museum Keris dalam bentuk gambar 3D. Aplikasi ini dibuat dengan beberapa software yaitu Blender, Unity 3D, Vuforia, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Android Studio. Metode yang digunakan pada aplikasi ini yaitu metode SDLC dengan model waterfall. Hasil yang di peroleh penulis yaitu sebuah aplikasi android berteknologi Augmented Reality. Ada beberapa pengujian yang dilakukan oleh penulis, guna untuk memberikan kenyamanan pengguna saat memakai aplikasi ini dan berjalan dengan baik ketika aplikasi dijalankan. Pengujian yang dilakukan yaitu pnegujian Black Box yang mendapatkan hasil bahwa aplikasi berjalan dengan baik, pada pengujian Marker aplikasi ini tidak dapat membaca marker yang marker tersebut diremas dan tertutup, pada pengujian OS Android aplikasi ini berjalan dengan baik dari android 5.0 sampai 8.0 dan pada pengujian kuisioner hasil yang di dapatkan yaitu rata-rata 82.282% dengan indikator baik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya penilitian ini diharapkan pengunjung dapat lebih tertarik untuk mengunjungi Museum Keris.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: museum keris, media informasi, augmented reality, smartphone, android
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: MUHAMMAD WILDAN HANANI
Date Deposited: 31 Jan 2019 08:48
Last Modified: 31 Jan 2019 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70359

Actions (login required)

View Item View Item