PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN ISLAMIC FULL DAY SCHOOL BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH SUKOHARJO

Kandari, Hindun Hatsmah (2008) PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN ISLAMIC FULL DAY SCHOOL BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040102.pdf

Download (743kB)
[img] PDF
A410040102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika di Islamic full day school (2) proses pelaksaan pembelajaran matematika di Islamic full day school (3) evaluasi dalam pembelajaran matematika di Islamic full day school (4) cara mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran matematika di Islamic full day school. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika dan sebagian siswa kelas V dan VI di SDIP Al Madinah Sukoharjo. Guru dalam penelitian ini sebagai key informannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi sebagai metode pokok dan dokumentasi, angket serta catatan lapangan sebagai metode bantu. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian (1) untuk perencanaan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika pada Islamic full day school SDIP Al Madinah Sukoharjo menerapkan tahapan perencanaan berupa tahap : a) materi baru b) materi lanjutan. (2) proses pelaksanaan pembelajaran matematika di Islamic full day school SDIP Al Madinah Sukoharjo pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan sekolah kebanyakan, yang sedikit membedakan adalah model-model pembelajaran yang dilakukan guru kepada siswa dengan menggunakan metode yang kreatif da menyenangkan sehingga siswa tidak jenuh dalam proses belajar mengajar (3) evaluasi dalam pembelajaran matematika di Islamic full day school SDIP Al Madinah Sukoharjo menggunakan teknik tugas portafolio, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. (4) cara mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran matematika di Islamic full day school SDIP Al Madinah Sukoharjo yaitu dengan tidak memberikan tugas rumah yang terlalu banyak pada siswa dan mengatur sebaik mungkin jam mengajar guru sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Jadi dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran matematika di Islamic full day school SDIP Al Madinah Sukoharjo telah berjalan dengan baik. Sistem pembelajaran ini dapat berjalan lebih baik lagi apabila dilakukan supervisi yang terarah dan berkelanjutan, meningkatkan kreatifitas guru dalam innováis pembelajaran serta megupayakan pengadaan fasilitas alat peraga untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, matematika, islamic full day school
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2008 04:09
Last Modified: 31 Jan 2011 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item