EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM IMERSI DI SMP NEGERI 3 PATI

KUSDI , MUHAMMAD (2006) EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM IMERSI DI SMP NEGERI 3 PATI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050039.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
Q100050039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Muhammad Kusdi, NIM. Q.100050039, Efektivitas Manajemen Pembelajaran Program Imersi Di SMP Negeri 3 Pati. Tesis Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pemahaman pihak sekolah SMP Negeri 3 Pati tentang ketentuan pembelajaran program imersi; (2) Strategi pembelajaran program imersi di SMP Negeri 3 Pati; (3) Efektivitas manajemen pembelajaran program imersi di SMP Negeri 3 Pati. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari arsip dan dokumen, kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Pati, dan informasi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru BK, siswa, staf tata usaha/karyawan, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Keabsahan data diuji melalui triangulasi data, review informan, member chart, database, dan penyusunan mata rantai bukti penelitian. Berdasarkan hasil temuan menunjukkan bahwa: (1) Pihak sekolah SMP Negeri 3 Pati yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, tata usaha/karyawan, dan komite sekolah secara keseluruhan telah memahami ketentuan- ketentuan pembelajaran program imersi dengan baik. Terbukti pelaksanaan pembelajaran program imersi di SMP Negeri 3 Pati telah dipersiapkan dan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah; (2) Strategi pembelajaran program imersi yang diterapkan di SMP Negeri 3 Pati meliputi: Sosialisasi program imersi ke masyarakat; Mempersiapkan tenaga pengajar 1 tahun sebelum program imersi di buka; Rekrutmen siswa kelas imersi (setiap kelas 24 orang) melalui tes penjaringan dan tes penyaringan; Bimbingan bahasa Inggris untuk siswa dan tenaga kependidikan (kerja sama dengan UNNES dan lembaga bahasa setempat); Kegiatan sanggar pada sore hari berupa bimbingan belajar untuk 7 mata pelajaran program imersi dengan pengantar bahasa Indonesia selama 4 hari; Pengembangan diri (ekstra kurikuler) selama 2 hari; Program English Day; Mendatangkan Turis (Native Speaker); Penyediaan sarana pembelajaran; dan Bimbingan konseling; (3). Manajemen pembelajaran program imersi efektif dilasanakan di SMP Negeri 3 Pati. Terbukti siswa program kelas imersi mempunyai keunggulan dalam penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dewan guru dalam mengelola proses pembelajaran program imersi telah mencerminkan kondisi pembelajaran yang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, manajemen pembelajaran, program imersi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 07:49
Last Modified: 15 Nov 2010 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item