YURYEVI ANTONY, ERIEKE (2006) Kontribusi Pelatihan MGMP dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050031.pdf Download (176kB) |
|
PDF
Q100050031.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
Sebagai profesi kemapuan guru ini erat kaitannya dengan keberhasilan guru sebagai seorang pendidik, di mana guru yang berkompeten maka guru tersebut berpeluang menjadi pendidik yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan MGMP dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi. Penelitian ini juga merupakan penelitian mengenai masalah keperilakuan dengan menggunakan rancangan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2006/2007 dengan jumlah 52 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 40 orang. Cara yang digunakan peneliti untuk menentukan sampel penelitian adalah mengundi angket yang dikembalikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, karena variabel bebas lebih dari satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pelatihan MGMP dan motivasi berprestasi dengan kemampuan guru dalam KBM. Ada pengaruh positif dan signifikan dari pelatihan MGMP terhadap kemampuan guru dalam KBM dengan nilai koefisien regresi 0,650 dengan tingkat signifikansi dalam derajat keyakinan 99% . Begitu juga terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi berprestasi terhadap kemampuan guru dalam KBM dengan nilai koefisien regresi 0,420 dengan tingkat signifikansi dalam derajat keyakinan 99%. Sedangkan pengaruh pelatihan MGMP dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemampuan guru dalam KBM mempunyai nilai F statistik sebesar 30,315 yang berarti kedua variabel pengaruhnya sangat kuat terhadap kemampuan guru dalam KBM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kontribusi pelatihan MGMP lebih dominan dari pada motivasi berprestasi terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Kepada para guru disarankan (a) Kepada para guru untuk meningkatkan kualitas mutu pengajaran dan pendidikan; (b) Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh suatu lembaga atau instansi terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan, diharapkan untuk tetap diikuti dengan syarat bahwa penelitian tersebut mengarah pada kualitas pengajaran; (c) Motivasi dari kepala sekolah kepada para guru sebaiknya diberikan secara terus menerus, hal ini akan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan MGMP, Motivasi berprestasi, Kemampuan Guru dalam KBM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 11 May 2010 07:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 08:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6900 |
Actions (login required)
View Item |