Perbedaan Perilaku Makan Pada Anak Balita Status Gizi Normal Dan Kurang Di Kelurahan Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo

Sarifah Rahmaniar T, Chikita and -, Farida Nur Isnaeni, S. Gz, M. Sc, (2018) Perbedaan Perilaku Makan Pada Anak Balita Status Gizi Normal Dan Kurang Di Kelurahan Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naspub-2.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN abstrak fix PDF.pdf

Download (791kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAKAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy

Abstract

Proses tumbuh kembang anak berlangsung pada usia balita. Gizi pada balita dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi dan latar belakang sosial budaya yang berhubungan dengan pola makan dan nutrisi. Salah satu permasalah gizi yang terjadi pada balita adalah malnutrisi. Malnutrisi pada balita berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit infeksi. Ada berbagai macam faktor risiko gizi kurang pada balita yang dapat dimodifikasi dalam lingkungan keluarga, salah satunya adalah perilaku makan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku makan anak balita status gizi normal dan gizi kurang di Kelurahan Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, sebanyak 56 balita yang dipilih dengan cara sistematic random sampling. Data status gizi balita didapatkan melalui pengukuran antropometri menggunakan timbangan digital kemudian dihitung dengan Z- score dengan indeks BB/U, sedangkan data perilaku makan balita menggunakan kuesioner Child Eating Behavior Questionnaire yang sudah dimodifikasi dan di uji expert judgment oleh tiga orang ahli. Uji normalitas data menggunakan uji One Sample Kolmogorof Smirnov, pada uji korelasi menggunakan Man whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada anak gizi baik sebanyak 55,2% mempunyai perilaku penyuka makanan sedangkan sebanyak 46,4% mempunyai perilaku pengindar makan, pada anak status gizi kurang perilaku penyuka makanan sebanyak 44,8% dan penghindar makanan sebanyak 53,6%. Berdasarkan uji yang telah dilakukan menunjukkan tidak ada perbedaan perilaku makan anak status gizi normal dan kurang (p=0,670). Tidak terdapat perbedaan perilaku makan anak status gizi normal dan status gizi kurang di Kelurahan Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balita, perilaku makan, status gizi.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: CHIKITA SARIFAH RAHMANIAR T.
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:51
Last Modified: 05 Sep 2022 01:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68847

Actions (login required)

View Item View Item