Gayatri, Adkha Dewi (2006) KONTRIBUSI MOTIVASI KERJA , KOMPETENSI GURU DAN KEPUASAN GURU TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN DI S M A NEGERI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100040134.pdf Download (95kB) |
|
PDF
Q100040134.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif motivasi kerja, kompetensi guru , kepuasan kerja terhadap peningkatan kinerja guru mata pelajaran di SMA Negeri kota Surakarta .Populasi pada penelitian ini berjumlah 523 dan sampel yang diambil berjumlah 217. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ( X ) adalah motivasi kerja, kompetensi guru dan kepuasan kerja, sedangkan variabel terikat ( Y ) adalah mutu proses pembelajaran. Instrumen penelitian berupa angket. Pengujian persyaratan yang dilakukan adalah uji normalitas, linieritas dan multilinieritas dan uji heteroskendastisitas. Berdasarkan uji kolmogorove Smirnov Z didapat nilai signifikansi 0,007 < 0,05 yang berarti data tersebut tidak normal, namun karena data yang digunakan berukuran besar, maka data dianggap normal. Dari uji linier diperoleh nilai harga p = 0,097 pada X1Y ; 0,064 pada X2Y ; 0,080 pada X3Y . Jadi nilai seluruh harga p > 0,05 berarti hubungan antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) linier sehingga dapat digunakan untuk meranalkan analisis regresi. Hasil uji multikolinearitas dengan korelasi product moment diperoleh nilai nilai variabel motivasi = 0,466, kompetensi = 0.657 , kepuasan = 0,647. Seluruh harga r < 0,80 , berti tidak ada gejala multikolinearitas. Dari hasil uji heterogenitas diperoleh 3,038 < 9,2. Seluruh nilai P > 0, 05 berarti tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Dari uji t diperoleh nilai t hitung motivasi = 2,222 , kompetensi = 5,701 , kepuasan = 6,819 ,sedangkan t tabel = 1,984 yang berarti seluruh harga t hitung > t tabel dan berada di daerah penolakan h0. Dengan demikian, ada pengaruh positif dan signifikan seluruh variabel bebasterhadap variabel terikat secara parsial. Dari uji Anova diperoleh nilai F hitung =86,636 sedangkan nilai F tabel = 3,00. Dengan demikian F hitung > F tabel atau 86,636 > 3,00 , yang berarti bahwa seluruh variabel bebas ( X ) secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat ( Y ) . Sumbangan relatif (SR) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sumbangan efektif yang dihasilkan 0,543 yang berarti bahwa variabel bebas ( X ) mempengaruhi variabel terikat ( Y ) sebesar 54,3 % , sisanya 45,7 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi kerja , kompetensi guru , kepuasan kerja , dan kinerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 08 May 2010 04:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6859 |
Actions (login required)
View Item |