Premono, Premono (2006) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP NEGERI 5 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100040133.pdf Download (156kB) |
|
PDF
Q100040133.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
Abstract
Dalam rangka mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya” guru memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu sebagai pelaksana pendidikan harus senantiasa berusaha meningkatkan diri dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan yang memadai, ketrampilan yang sesuai maupun sikap yang dapat diteladani. Pembelajaran merupakan kegiatan utama sekolah sebagai bentuk layanan pendidikan bagi masyarakat. Sekolah diberi kebebasan memilih strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, siswa, guru, dan kondisi nyata sumber daya yang tersedia di sekolah. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemahaman, pelaksanaan, dan keterkaitan antara prestasi hasil belajar siswa dengan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 5 Surkarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian para guru dan karyawan serta siswa SMP Negeri 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, analisa data dan observasi, kemudian hasilnya dianalisis dengan model analisis interaktif. Data yang diperoleh dari subjek penelitian dilakukan validasi. Untuk memperoleh akurasi data dari subjek penelitian, dilakukan melalui trianggulasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : (1) seluruh stakeholder pendidikan SMP Negeri 5 Surakarta telah memahami tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pemahaman tersebut terlihat dari penyiapan perangkat KBK, (2) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 5 Surakarta secara menyeluruh, artinya segenap guru dan karyawan serta siswa berkewajiban, bertanggungjawab, dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan KBK, (3) Keterkaitan antara Prestasi Hasil Belajar Siswa dengan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 5 Surakarta, bahwa seluruh mata pelajaran terdapat perubahan yang signifikan. Hal itu terlihat setelah laporan hasil belajar peserta menjadi lebih berani mengemukakan pendapat, sikap anak lebih santun, tegur, sapa, dan salam sudah membudaya, seluruh siswa kelas 7 naik ke kelas 8.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Berbasis Kompetensi Pengajaran Yang Terpusat Pada Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 08 May 2010 04:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6858 |
Actions (login required)
View Item |