Hamid, Nur (2006) KONTRIBUSI KOMPETENSI MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 13 PURWOREJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100040075.pdf Download (25kB) |
|
PDF
Q100040075.PDF Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kontribusi komptensi, motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo, Populasi penelitian ini adalahj seluruh guru SMP Negeri 13 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian sensus karena semua populasi diambil sebagai sample. Penyusunan instrument dibuat dalam bentuk kuesioner yang mengacu pada model skala Likert. Isi instrument disusun berlandaskan teori maupun informasi yang relevan dengan masalah penelitian. Instrument penelitian terdiri dari empat macam yang berfungsi untuk mengungkap variabel kompetensi, motivasi, kedisiplinan, dan kinerja guru. Masing-masing instrument tersebut diujicobakan dan memenuhi syarat keandalan Cronbach Alpha, dengan koefisien realibilitas berturut-turut sebesar 0,708; 0,839; 0,839; dan 0,835. Butir instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data ialah yang memenuhi syarat analisis konstruk dan berstatus sahih. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis deskriptif, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan, pertama, kompetensi, motivasi, kedisplinan, secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru (R= 0.834 dan R2 = 0.695) dengan kontribusi sebesar 69.5 %, kedua, kompetensi berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru (R= 0.662 dan R2 = 0.438) dengan kontribusi sebesar 43,8 %, ketiga, , motivasi berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru ( R= 0.722 dan R2 =0.52.1) dengan kontribusi sebesar 52,1 %, keempat, , kedisiplinan berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru (R=0.619 R2 = 0.383 ) dengan kontribusi sebesar 38,3 %, Tingkatan besarnya peran ketiga variabel bebas mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil terhadap kinerja guru, yaitu: pertama kompetensi, (X1); kedua, motivasi (X2); dan ketiga, kedisiplinan (X3) dengan persamaan sebagai berikut: Y= 0,541 + 0,518X1 + 0,325X2 + 0,275X3. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel tersebut, variabel kompetensi merupakan variabel yang perlu mendapatkan perhatian secara lebih khusus guna mempertahankan atau meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, motivasi, kedisiplinan, kinerja, guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 07 May 2010 08:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6836 |
Actions (login required)
View Item |