PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROGRAM MPMBS PADA SMA NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN 2005

SUKARDJA , H. MUH. ALI (2005) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROGRAM MPMBS PADA SMA NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN 2005. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100010104.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
Q100010104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan manajerial yang meliputi perencanaan dan pengorganisasian, koordinasi, pengendalian Kepala SMA Negeri 2 Wonogiri, 2) mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah yang meliputi perencanaan dan pengorganisasian, koordinasi, pengendalian terhadap keberhasilan pelaksanaan program MPMBS pada SMA Negeri 2 Wonogiri baik secara simultan maupun secara parsial, 3) mengetahui besar kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah yang meliputi perencanaan dan pengorganisasian, koordinasi, pengendalian terhadap keberhasilan pelaksanaan program MPMBS pada SMA Negeri 2 Wonogiri. Populasi adalah guru, staf tata usaha, dan komite pada SMA Negeri 2 Wonogiri berjumlah 106 orang, sampel yang digunakan sebanyak 52 responden. Metode pengumpulan data yaitu angket. Data dianalisis dengan regresi linier. Hasil penelitian adalah : 1) Rata-rata relatif : perencanaan dan pengoragnisasian 66,78 %, koordinasi 70,65 %, pengawasan 62,84 %, dan kinerja 64,44 % 2) Uji normalitas : Uji Chi Kuadrat (Χ 2 ) keempat variabel nilai p < 0,05 dan Χ 2 hitung > Χ 2 tabel maka data berdistribusi normal. Uji linieritas ; nilai Durbin Watson 1,990 < 5 berarti model regresi benar. Uji Multikolinieritas ; nilai toleransi perencanaan dan pengorganisasian 81,40 %, koordinasi 83,70 %, pengawasan 84,80 % di bawah 90 % berarti tidak terjadi multikolinieritas. Nilai VIF di bawah 5 berarti ketiga variabel bebas dapat dipakai memprediksi variabel terikat. Persamaan regresi : Y = 12,013 + 0,344 X1 + 1,343 X2 + 0,520 X3. Uji F, nilai F hitung = 20,346 lebih dari F tabel ( 20,346 > 2,07 ) p = 0,0000. Uji t ; perencanaan dan pengorganisasian, nilai t hitung = 3,157 lebih dari t tabel ( 3,157 > 2,971 ) p = 0,003, koordinasi nilai t hitung = 4,266 lebih dari t tabel ( 4,266 > 2,971 ) p = 0,000, pengawasan, nilai t hitung = 2,513 lebih dari t table ( 2,513 > 1,836 ) p = 0,015 nilai p ketiga variabel kurang dari 0,05. Kesimpulannya ada pengaruh yang positip antara perencanaan dan pengorganisasian, koordinasi, pengawasan terhadap keberhasilan pelakasanaan program MPMBS di SMA Negeri 2 Wonogiri, baik secara simultan maupun secara parsial. 3) sumbangan efektif perencanaan dan pengorganisasian 19,03 %, koordinasi 27,47 %, pengawasan 9,50 %, total sumbangan efektif 56,00 %, sisanya 44,00 % disumbangkan oleh variabel lain. Dari persamaan regresi, jika nilai X1, X2, X3 makin besar, maka makin besar pula nilai Y yang berarti makin baik kemampuan manajerial kepala sekolah, akan makin baik pula pelaksanaan program MPMBS, untuk itu disarankan kepada pihak yang berwenang, agar terwujud peningkatan mutu pendidikan diperlukan kepala sekolah yang professional dan demokratis yang diperoleh dari hasil seleksi secara obyektif, transparan, dan akuntabel.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, manajerial, perencanaan dan pengorganisasian, koordinasi, pengawasan, dan kinerja,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 02:59
Last Modified: 15 Nov 2010 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6811

Actions (login required)

View Item View Item