EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus : di SMA Negeri 4 Surakarta)

S U R I P , S U R I P (2005) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus : di SMA Negeri 4 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030085.pdf

Download (205kB)
[img] PDF
Q100030085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia yang masih rendah lebih disebabkan oleh masih rendahnya kualitas pendidikan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan meningkatkan kualitas pendidikan, yang diantaranya dengan membangun sekolah unggulan atau sekolah efektif. Ke efektifan sekolah juga terletak pada bagaimana kepemimpinan Kepala sekolah dalam merancang bangun sekolah. Oleh sebab itu Kepala Sekolah akan menjadi efektif apabila Kepala Sekolah mampu menjalankan fungsi manajemen dengan baik yang terdiri dari ; 1) fungsi perencanaan, 2) fungsi pengorganisasian, 3) fungsi pengarahan dan 4) fungsi pengawasan. Fokus penelitian atau masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Kepala Sekolah dalam menjalankan fungsi sebagai pemimpin lembaga pendidikan, 2) Bagaimana pencapaian prestasi sekolah yang dihasilkan sebagai sumbangan prestasi yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keberhasilan Kepala sekolah dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya dan ketercapaian tujuan sekolah baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik sebagai sumbangan prestasi yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Efektivitas Kepala Sekolah adalah dapat dilihat dari kreteria-kreteria ; 1) mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar dan produktif, 2) dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, 3) mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan mereka secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan, 4) berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai lainnya di sekolah, 5) bekerja dengan tim manajemen, serta 6) berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam pengelolaan sekolah, Kepala SMA Negeri 4 Surakarta telah melaksanakan fungsi manajemen dengan baik yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Kepala SA Negeri 4 Surakarta dalam mengelola sekolah terutama dalam manajemen Sumber Daya Manusia disamping dengan pendekatan proses juga dengan menggunakan pendakatan budaya lokal terutama dengan mengacu pada budaya yang bersumber dari Keraton Surakarta. Kepala SMA Negeri 4 Surakarta dalam hal ini Bapak Drs. Soedjinto SF., MM. cukup baik dalam menerapkan ke dua pendekatan tersebut yakni pendekatan proses dan pendekatan budaya lokal cukup efektif dalam mewujudkan tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Hal ini nampak dari prestasi yang mengalami peningkatan baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 Apr 2010 03:12
Last Modified: 15 Nov 2010 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item View Item