SUHARNO, SUHARNO (2005) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C (SETARA SMA)(STUDI MULTI KASUS DI PKBM SIDOHARJO DAN PKBM SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100030030.pdf Download (248kB) |
|
PDF
Q100030030.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ditujukan untuk mendeskripsikan : 1) Karakteristik warga belajar Kejar Paket C; 2) Manajeman pembelajaran Kejar Paket C; 3) Peran tutor dalam mendukung manajemen pembelajaran Kejar Paket C dan peran pengelola dalam mendukung manajemen pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Sidoharjo dan PKBM Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian diambil dengan teknik cuplikan purposive sampling pada warga belajar, pengelola PKBM dan tutor, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan pencatatan dokumen untuk mendapatkan data yang akurat. Wawancara, observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap, kemudian melakukan analisis data dengan teknik analisis antar kasus (cross-site analysis) dengan menggunakan model analisis interaktif. Keabsahan data mengunakan triangulasi dan review informan. Setelah pengumpulan data lalu meneliti ceritera yang sistematik, merekap hasil wawancara baik melalui angket tertulis maupun rekaman dan pengambilan gambar-gambar (foto) pada waktu data terakhir didapatkan. Langkah selanjutnya peneliti mencoba membuat kesimpulan yang menarik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) Karakteristik warga belajar; (a) usia tergolong orang dewasa, (b) pendidikan warga belajar dari Kejar Paket B, SLTP/ MTs , droup out SMA, (c) latar belakang ekonomi orang tua kurang mampu, (d) warga belajar sudah bekerja baik di sektor formal maupun non formal, (2) Manajemen pembelajaran terbagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi/ penilaian pembelajaran; (a) Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran Kejar Paket C yang dilakukan tutor adalah menentukan tujuan pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, bahan pelajaran, kegiatan pembelajaran, metode, media, sumber dan evaluasi, (b) Pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Sidoharjo dan PKBM Slogohimo terdiri dari tiga tahapan yaitu pendahuluan, tahap penyajian inti dan tahap penutup, (c) Evaluasi pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan di PKBM Sidoharjo dan PKBM Slogohimo dilakukan setiap akhir pokok bahasan. Hasil evaluasi digunakan sebagai umpan balik kepentingan pembelajaran; (3) Peran tutor PKBM Sidoharjo maupun PKBM Slogohimo sebagai fasilitator belum maksimal, sehingga dalam melaksanakan pembelajara di kelas masih menerapkan pembelajaran konvensional, pendekatan pembelajaran andragogi belum diterapkan sepenuhnya; (4) Peran pengelola dalam mendukung manajemen pembelajaran Kejar Paket C masih sangat minim terutama dalam menyediakan sarana belajar antara lain buku/ modul, media belajar dan tempat belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 29 Apr 2010 01:49 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6752 |
Actions (login required)
View Item |