PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Kartasura)

SAHRIR, SAHRIR (2008) PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dan peningkatan kreativitas siswa dengan penerapan peta konsep. Subyek penelitian tindakan kelas yaitu siswa kelas VIII D SMP N 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana yaitu peneliti dan subyek yang membantu yaitu guru matematika kelas VIII D SMP N 2 Kartasura. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan test. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran membahas tentang konsep pada tabung, kerucut dan bola. Proses pembelajaran dimulai dengan memberikan peta konsep pada setiap siswa. Kemudian guru menjelaskan hubungan konsep-konsep dan dilanjutkan dengan cara menggunakan peta konsep. 2) Kreativitas siswa yang terdiri atas kelancaran mencapai 35% sebelum penelitian, 42,5 % pada putaran I, 50,5% pada putaran II, 75 % pada putaran III dan keluwesan mencapai 30% sebelum penelitian, 35 % pada putaran I, 40% pada putaran II, 55% pada putaran III dan keaslian mencapai 30% sebelum penelitian, 45% pada putaran I, 50% pada putaran II, 62,5% pada putaran III dan kerincian 25% sebelum penelitian, 30 % pada putaran I, 47,5% pada putaran II, 67,5% pada putaran III. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu kemampuan menguasai konsep mencapai 35% sebelum penelitian, 42,5% pada putaran I, 50,5% pada putaran II dan 75% pada putaran III. Sedangkan kemampuan mengerjakan soal mencapai 30% sebelum penelitian, 37,5% pada putaran I, 60% pada putaran II dan 70% pada putaran III. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan peta konsep pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelancaran, keluwesan, keaslian, kerincian, peta konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Nov 2008 04:06
Last Modified: 17 Nov 2010 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item