ETIKA, RIO JOHAN (2008) KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( Eksperimentasi Pembelajaran Di SMP Kasatriyan 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030171.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas 1 semester genap SMP Kasatriyan 1 Surakarta yang mendapatkan pengajaran dengan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 1 semester genap SMP Kasatriyan 1 Surakarta yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling berkelompok diperoleh kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Sebelum dilakukan perlakuan penelitian dilakukan uji matching untuk mengetahui kemampuan awal yang sama. Uji analisis yang digunakan adalah uji t-test, pengujian prasyarat analisis dengan metode Lillefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan : Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan metode konvensional dengan th = 4,521 > ttabel = 1,669. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rata-rata kelas eksperimen = 7,76 dan rata-rata kelas kontrol = 7,35 sehingga disimpulkan bahwa dengan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dari pada metode konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Problem Posing, Pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 20 Nov 2008 06:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 10:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/670 |
Actions (login required)
View Item |