KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( Eksperimentasi Pembelajaran Di SMP Kasatriyan 1 Surakarta )

ETIKA, RIO JOHAN (2008) KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( Eksperimentasi Pembelajaran Di SMP Kasatriyan 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030171.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas 1 semester genap SMP Kasatriyan 1 Surakarta yang mendapatkan pengajaran dengan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 1 semester genap SMP Kasatriyan 1 Surakarta yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling berkelompok diperoleh kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Sebelum dilakukan perlakuan penelitian dilakukan uji matching untuk mengetahui kemampuan awal yang sama. Uji analisis yang digunakan adalah uji t-test, pengujian prasyarat analisis dengan metode Lillefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan : Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan metode konvensional dengan th = 4,521 > ttabel = 1,669. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rata-rata kelas eksperimen = 7,76 dan rata-rata kelas kontrol = 7,35 sehingga disimpulkan bahwa dengan kolaborasi metode pembelajaran problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dari pada metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Problem Posing, Pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Nov 2008 06:58
Last Modified: 17 Nov 2010 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item