PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

NUGRAHENI, TUDYAH WORO (2008) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030152.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh: (1). fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (2). fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (3). motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta diambil 33 siswa sebagai sampel dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda yang sebelumnya dengan uji prasyarat analisis yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan uji linearitas dilanjutkan dengan mencari besarnya sumbangan masing-masing prediktor. Hasil penelitian ini adalah: (1). fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung sebesar 8,287>Ftabel sebesar 3,275, persamaan regresinya Y = 47,594 + 0,184 X1 + 0,110 X2, (2). Fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 2,865 > t tabel =1,960 dengan sumbangan efektifnya sebesar 39,17%, (3). Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 2,331 > t tabel = 1,960 dengan sumbangan efektifnya sebesar 13,99%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, motivasi, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Nov 2008 06:40
Last Modified: 17 Nov 2010 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item