Pengembangan Modul Pemetaan Risiko Secara Partisipatif pada Materi Banjir untuk Ekstrakurikuler PMR di SMK Cokro Aminoto 1 Surakarta

Hanifah, Lailatul and -, Siti Azizah S, S. Si., M. P (2018) Pengembangan Modul Pemetaan Risiko Secara Partisipatif pada Materi Banjir untuk Ekstrakurikuler PMR di SMK Cokro Aminoto 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (792kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I .pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) kriteria bahan ajar yang dibutuhkan, 2) model pengembangan bahan ajar, dan 3) efektivitas pengembangan bahan ajar/modul materi pemetaan risiko banjir pada ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Model pengembangan mengadopsi rancangan pengembangan oleh Borg and Gall. Desain penelitian menggunakan one group pretest-postest design dengan 28 responden yaitu peserta ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMK Cokro Aminoto 1 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T (t-test). Perbedaan hasil pemahaman terhadap materi pemetaan risiko banjir saat prates dan pascates mengalami peningkatan nilai rata-rata 32,5 . Nilai rata-rata prates adalah 54,46 meningkat menjadi 86,96 pada pascates. Hasil uji T (t-test) data prates dan pascates menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terjadi signifikansi perbedaan antara prates dan pascates, maka bahan ajar/produk yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dikegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Hasil penilaian produk akhir oleh responden penelitian memiliki nilai 4,25 dan termasuk kategori “BAIK”. ABSTRACT The aims of this research is to know, 1) criteria of teaching material, 2) model of development teaching material, and 3) the effectiveness of teaching materials or module on disaster risk mapping material in extracurricular Palang Merah Remaja. Model of development teaching material adopted design of Borg and Gall. Design of study using one group pretest–posttest design with 28 respondents who participants of extracurricular Palang Merah Remaja in SMK Cokro Aminoto 1 Surakarta. Data analysis techniques used T-test. Differences in understanding on disaster risk mapping meterial pretest and increased posttest avarage value was 32,5. The average value pretest is 54,46 increase on posttest become 86,96. The results of the test (T-test) pretest and posttest data indicates significant value 0,000<0,05 so H0 was rejected and H1 accepted that significant differences occurred beetween pretest and posttest result. Teaching material or product developed otherwise used in learning process on extracrricular Palang Merah Remaja. Assement results of product by respondents have value of 4,25 and include on category “GOOD.”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, ekstrakurikuler, pemetaan risiko banjir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: LAILATUL HANIFAH
Date Deposited: 11 Aug 2018 03:08
Last Modified: 11 Aug 2018 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65944

Actions (login required)

View Item View Item