PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI BANYUANYAR 1 SURAKARTA

Qoridah, Luluk Ari Fatul and Prof. Dr. Abdul, Ngalim M.M. and Dr. Djalal, Fuadi M.M. and Dr. Suyatmini, Suyatmini, M. Si (2018) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI BANYUANYAR 1 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
Bab 1.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
Bab 2.pdf

Download (391kB)
[img] PDF
Bab 3.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
Bab 4.pdf

Download (523kB)
[img] PDF
Bab 5.pdf

Download (26kB)
[img] PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat pernyataan)
Surat Pernyataan Lulu.pdf

Download (529kB)
[img] PDF
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Naskah PI.pdf

Download (608kB)
[img] PDF
Surat Pernyataan PI.pdf

Download (37kB)

Abstract

Ada 4 tujuan yang akan dideskripsikan dalam penelitian ini. (1) perencanaan pengelolaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar pada siswa kelas tinggi di SD Banyuanyar 1 Surakarta. (2) pelaksanaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta. (3) evaluasi pembelajaran menulis karangan dengan media gambar pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan (1) dalam proses perencanaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar dimulai dari workshop penyiapan perangkat pembelajaran berupa Silabus, Program Tahunan, Program Semester, RPP dengan media gambar. Hal ini dilakukan karena menulis karangan terdapat banyak aspek-aspek yang belum dapat dikuasai siswa kelas tinggi, selain itu juga banyaknya materi yang diajarkan di kelas. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar mengacu pada tujuan pembelajaran yang dicantumkan dalam RPP sesuai dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator. Hal yang lain yang diperhatikan adalah materi, metode pembelajaran, media, dan lembar penilaian. (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar. Kepala sekolah menyiapkan instrument supervise dan melaksanakan supervisi untuk melihat tingkat keberhasilan guru dalam pembelajaran menulis karangan dengan media gambar di kelas dan melakukan pembinaan terhadap hasil supervisi. This study aims to describe 3 things. (1) planning of learning management of writing essay with the media of image in high school students in SD Banyuanyar 1 Surakarta. (2) the execution of writing writing essay with high school students in SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta. (3) writing essays with the media images on high school students in SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta. This research uses qualitative research with ethnography approach. Techniques of collecting data through interviews, observation and documentation. Data analysis technique is done by using several stages of data collection, data reduction, data presentation, and data verification. Testing the validity of data is done by using triangulation technique of source and technique. The results of the study concluded (1) in the process of learning planning writing essay with the media drawing starting from the workshop preparation of learning tools in the form of syllabus, Annual Program, Semester Program, RPP with media images. This is done because writing essays there are many aspects that can not be mastered by high class students, but also the amount of material taught in the classroom. (2) Implementation of writing writing essay with the picture media refers to the learning objectives listed in the RPP in accordance with the Competency Standards, Basic Competencies and Indicators. Other things to consider are materials, learning methods, media, and assessment sheets. (3) Evaluation of learning management writing writing essay with media images. The principal prepares the supervision instrument and conducts supervision to see the teacher's success rate in writing writing with the media in the classroom and supervising the results of the supervision.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, menulis karangan, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Luluk Ari Fatul Q
Date Deposited: 11 Aug 2018 07:48
Last Modified: 11 Aug 2018 07:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65936

Actions (login required)

View Item View Item