PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN IZIN PERTAMBANGAN GALIAN C MELALUI ALTERNATIVE DISPUTE RESOLUTION (ADR) DI DESA CEPOGO BOYOLALI

SETIYAWAN, WAHYUDI (2018) PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN IZIN PERTAMBANGAN GALIAN C MELALUI ALTERNATIVE DISPUTE RESOLUTION (ADR) DI DESA CEPOGO BOYOLALI. Tugas Kuliah. pp. 1-15. (Submitted)

[img] PDF (Tugas Kuliah Hukum Lingkungan)
12. WAHYUDI SETIYAWAN.pdf

Download (109kB)

Abstract

Kabupaten Boyolali memiliki potensi sumber daya alam yang dimiliki pun sangat berlimpah, sumber daya alam mineral dan batuan merupaakan salah satu sumber daya alam non hayati yang banyak dimiliki. Potensi kekayaan alam itu kemudian dimafaatkan dengan melakukan kegiatan pertambangan. Namun dalam praktiknya kegiatan pertambangan tersebut menyebabkan bebergai dampak negative yang kemduian menyebabkan sengketa antara warga dan pelaku pertambangan. Rumusan masalah dari makalah ini adalah (1) Bagaimanakah Model penyelesaian konflik kegiatan tambang Galian C di Cepogo Boyolali? (2) Bagimanakah efektivitas diberlakukannya Alternative Dispute Resolutio (ADR) Dalam menyelesaikan sengketa lingkungan khususnya sengketa tambang Galian C di Cepogo Boyolali?. Dari hasil penelitian yang dilakukan penyelesaian sengekay lingkungan di Cepogo Boyolali dilakukan dengan jalur di luar Pengadilan dengan Menggunkan proses Mediasi, walaupun proses yang dijalakan tidak berhasil mencapai suatu kesepakatan, sehingga penyelesaiannya sekarang ini lebih banyak meggunakan sarana administrative dan Pidana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alternative Dispute Resolutio (ADR), Pertambangan, Boyolali
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Program Doktor (S3) Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:05
Last Modified: 09 Aug 2018 01:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65643

Actions (login required)

View Item View Item