DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC DAMRI JURUSAN SURAKARTA - YOGYAKARTA

Wahyudi , Dede (2009) DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC DAMRI JURUSAN SURAKARTA - YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100000093.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
D100000093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaanya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan desain penetapan tarif bus patas AC untuk angkutan umum bus jurusan Surakarta - Yogyakarta khususnya bus DAMRI.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Inferensial (meneliti keadaan objek dan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan (travel speed), faktor muat (load factor), ketersediaan kendaraan (availability), dan waktu tempuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan otobus PO. DAMRI jurusan Solo - Jogja ini yang berkantor pusat di Jalan Ring Road Selatan, Banguntapan (Jogja). Adapun data Primer yang diperoleh adalah waktu pemberangkatan dari terminal asal, waktu tiba di terminal tujuan, jarak tempuh, waktu tempuh, jumlah penumpang naik turun, kapasitas kendaraan, ruas jalan yang dilalui, dan tarif yang diberlakukan pada saat penelitian berlangsung. Sedangkan untuk data sekunder yang diperoleh adalah komponen biaya operasi kendaraan dan jumlah armada yang beroperasi dan total keseluruhan armada. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisa untuk mendapatkan parameter desain penetapan tarif untuk bus Patas AC jurusan Solo-Yogya tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus jurusan Solo-Yogya khususnya bus DAMRI telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata bus sebesar 45.50 km/jam karena standar kecepatan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 30 km/jam, Load Factor bus sebesar 71,81% apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70% - 100% maka Load Factor bus DAMRI telah memenuhi standar, BOK untuk bus DAMRI sebesar Rp. 3307,76/km. Sedangkan tarif penumpang di lapangan untuk bus DAMRI sebesar Rp. 9.000.-, tarif berdasarkan BOK untuk bus DAMRI berdasarkan load factor 71,81% sebesar Rp. 6.915,27.- dan berdasarkan load factor 70% sebesar Rp. 7.094,36.-. desain tarif untuk bus patas AC berdasarkan biaya operasi kendaraan dengan load factor 70% sebesar Rp. 11.764,73,- dan dengan load factor 100% sebesar Rp. 8.235,24.-, desain tarif berdasarkan BOK bus reguler ditambah fasilitas tambahan dengan load factor 70% sebesar Rp. 7.701,65,- dan dengan load factor 100% sebesar Rp. 5.391,16.-, dan tarif untuk bus patas AC berdasarkan kemauan penumpang sebesar Rp. 11.388.-. tarif yang ditetapkan untuk bus patas AC DAMRI jurusan Surakarta – Yogyakarta sebesar Rp. 11.000,-/penumpang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Desain, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Tarif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Feb 2010 07:17
Last Modified: 15 Nov 2010 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item