ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2008

Sumarno, Sumarno (2009) ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
E100050030.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
E100050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul " Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Cepogo Tahun 2008 " Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan merupakan hal yang utama bagi kemajuan suatu bangsa dan adanya perbedaan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan pada daerah penelitian pada tiap unit desa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Cepogo tahun 2008 dan untuk mengetahui kualitas sekolah berdasarkan jumlah ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di daerah penelitian Metode yang digunakan adalah metode analisis data sekunder yang hasil akhirnya berupa peta dan analisisnya untuk mengevaluasi obyek yang diteliti. Metode pengumpulan datanya dengan cara mengambil data sekunder yang diperoleh dari instansi – instansi terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengelompokan dan penyusunan data dalam bentuk tabel agar data siap dimasukkan dalam bentuk peta. Pengolahan dan analisis ini dilakukan pada setiap kelurahan/desa. Pada penelitian yang dilakukan, penghitungannya adalah dengan mengurangi standar minimum dengan ketersediaan yang ada setelah dilakukan penghitungan data- data sarana dan prasarana yang ada. Jika hasil yang diperoleh ( - ) berarti jumlah ketersediaan kurang, jika nol ( 0 ) berarti tingkat ketersediaan sesuai dengan standar minimum yang ada dan jika ( + ) berarti tingkat ketersediaan yang ada adalah lebih dari standar yang ditetapkan. Jumlah ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang berada pada Desa Gubug dengan penghitungan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana dikurangi standar ketersediaan adalah negatif (-) yang berarti ketersediaan sarana dan prasarana adalah kurang, sedangkan desa lainnya sudah mempunyai ketersediaan sarana dan prasarana cukup dan lebih dari cukup dengan cara penghitungan yang sama yaitu ketersediaan yang ada dikurangi dengan standar ketersediaan Jumlah ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan pada masing-masing desa di daerah penelitian tidak semua berpengaruh terhadap kualitas sekolah yang ada pada daerah penelitian yaitu di Desa Gubug yang mempunyai ketersediaan sarana dan prasarana kurang tetapi mempunyai kualitas sekolah dasar yang sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sarana pendidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 24 Feb 2010 08:18
Last Modified: 15 Nov 2010 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6521

Actions (login required)

View Item View Item