TAUFIQ, MUHAMMAD (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DALAM PENGAJARAN MEMBACA AL-QURAN (Studi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000070079.pdf Download (160kB) |
|
PDF
G000070079.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
Abstract
Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman umat manusia. Allah SWT menurunkan Al-Quran dengan berbahasa Arab agar semua umat manusia berusaha untuk mempelajarinya, mulai dari membaca, menghafal, memahami dan mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar adalah model dan metode pembelajaran, tanpa itu suatu pesan pembelajaran tidak akan berproses secara efektif ke arah yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan model pembelajaran klasikal dalam kegiatan belajar mengajar. SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di kota Surakarta yang selalu berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Wujud upaya peningkatan mutu pendidikan yang ditempuh oleh SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, diantaranya dengan menerapkan sistem Full Day Schooll dalam proses pembelajaran. Di dalam sistem ini, SMP Muhammdiyah 8 Surakarta mengambil tahfîdz sebagai mata pelajaran unggulan, sehingga menjadi kewajiban bagi anak didik untuk bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar terlebih dahulu sebagai syarat untuk mengikuti mata pelajaran tahfîdzul qurân. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran klasikal dalam pengajaran membaca Al-Quran dan apa pendukung serta penghambat dalam penerapan model pembelajaran klasikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanakan penerapan model pembelajaran klasikal dalam pengajaran membaca Al-Quran di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan penerapan model pembelajaran klasikal dalam pengajaran membaca Al-Quran, sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis, serta bagi guru penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan, objek penelitian ini adalah guru baca Al-Quran dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan) Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pengajaran membaca Al-Quran di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta meliputi tiga tahapan yaitu: Pertama, tahap pengenalan huruf, pada tahapan ini modul yang dipakai adalah modul 1. kedua, tahap pengenalan tanda baca, pada tahapan ini menggunakan modul 2 dan ketiga, tahap pembenaran bacaan, pada tahapan ini biasa disebut dengan tahsîn. Adapun metode yang dipakai adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan drill. Sedangkan kendala yang dapat menghambat dalam penerapan model pembelajaran klasikal adalah penyediaan alokasi waktu yang relatif kurang, kecepatan siswa dalam menerima pelajaran yang tidak sama, masih ada siswa yang membuat keributan saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan ketidak seriusan siswa dalam mengikuti proses pengajaran membaca Al-Quran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, belajar al qur'an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 08:10 |
Last Modified: | 14 Jun 2011 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6462 |
Actions (login required)
View Item |