KINERJA SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH I SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009

SANTOSO, AGUS (2009) KINERJA SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH I SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070061.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
G000070061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

Seiring dengan modernisasi di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan, maka perlu ada kebijakan dan tindakan konkrit untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini kompetensi tenaga pendidik mempunyai andil yang sangat besar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan yang di cita-citakan. Untuk mewujudkan kompetensi tenaga pendidik perlu adanya supervisi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar-mengajar yang dilakukan guru di kelas. Meskipun pada umumnya guru diangkat menjadi guru karena ijazah. secara teorotis mereka memiliki kompetensi menjadi guru yang profesional, namun manusia itu memiliki keterbatasan-keterbatasan dan jarang ditemukan sosok seorang guru yang betul-betul mampu melaksanakan tugas dengan sempurna. Oleh karena itu mereka membutuhkan bimbingan, pengarahan, dan motivasi dari para supervisor. Penulis tertarik melakukan penelitian supervisi pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo, karena berkat kinerja supervisi pendidikan dan berfungsinya seluruh komponen sekolah dengan baik, sekolah ini menjadi sekolah yang bonafide dan sudah ditetapkan sebagai rintisan SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja supervisi pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009? Dan apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat kinerja supervisi pendidikan serta bagaimanakah solusinya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja supervisi pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya tentang Supervisi Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo serta memberikan sumbangan saran dan juga pemikiran bagi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan lembaga pendidikan lainnya. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu interview (wawancara), dokumentasi, dan observasi, kemudian selanjutnya data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif, yaitu dengan cara menyimpulkan dan melakukan verifikasi terhadap data tersebut. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah bahwa kinerja supervisi pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan supervisor. Kegiatan supervisi pendidikan meliputi: inspeksi dan evaluasi terhadap PBM, menindaklanjuti permasalahan guru, dan memperbaiki pelaksanaan program yang belum optimal. Dalam melaksanakan tugasnya supervisi menggunakan model supervisi umum dan supervisi klinis. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan non direktif (tidak langsung), sedangkan teknik-teknik supervisi yang digunakan meliputi teknik individual dan teknik kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja pendidikan, supervisi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 08:00
Last Modified: 28 Oct 2011 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item