Hubungan Faktor Resiko Klinis Terhadap Drug Related Problems Pada Pasien Sirosis Hepatik Di RSUD Dr.Moewardi Surakarta Tahun 2016

Sari, Wahyu Dwi Rahandini and , Ambar Yunita Nugraheni, M.Sc., Apt (2018) Hubungan Faktor Resiko Klinis Terhadap Drug Related Problems Pada Pasien Sirosis Hepatik Di RSUD Dr.Moewardi Surakarta Tahun 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (929kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SFC_20180730_0002.pdf

Download (500kB)

Abstract

Sirosis hepatik merupakan suatu proses difusi yang dikarakteristikkan dengan fibrosis dan perubahan dari struktur hepatik normal menjadi nodul abnormal secara struktural. Pasien sirosis beresiko mengalami drug-related problems (DRPs). Faktor resiko terjadinya drug-related problems (DRPs) meliputi faktor resiko klinis/farmakologis antara lain: polifarmasi, gangguan ginjal, diabetes mellitus, gangguan jantung, riwayat alergi terhadap obat dan penggunaan obat dengan terapeutik sempit . Adanya faktor resiko pada sirosis akan mempengaruhi efektivitas dari satu atau lebih obat, sehingga dapat terjadi drug-related problems (DRPs).Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara analitik. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif berdasarkan data hasil catatan rekam medik pasien sirosis hepatik. Pasien yang memenuhi kriteria inklusi (pasien dewasa umur ≥ 26 tahun dengan penyakit sirosis hepatik dengan atau tanpa komplikasi) sebanyak 91 pasien. Hasil dianalisis secara analitik berdasarkan jumlah faktor resiko klinis dengan jumlah DRPs. Uji korelasi dengan spearman didapatkan hasil nilai R= 0,17, R2=0,029 (2,92%) dan P>0,05 dengan kekuatan korelasinya sangat lemah maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara jumlah faktor resiko klinis dan jumlah DRPs.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sirosis hepatik, Faktor resiko klinis, Drug related problems
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: WAHYU DWI RAHANDINI SARI
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:58
Last Modified: 30 Jul 2018 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64381

Actions (login required)

View Item View Item