HUBUNGAN ANTARA URUTAN KELAHIRAN DALAM KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN

WULANNINGRUM, DIAN NUR (2009) HUBUNGAN ANTARA URUTAN KELAHIRAN DALAM KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210050055.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
J210050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Latar belakang: Dalam sebuah keluarga, anak menduduki posisi tertentu berdasarkan urutan kelahirannya mempunyai pengaruh mendasar dalam perkembangan anak selanjutnya (Hurlock, 1997). Urutan kelahiran anak dalam keluarga berdampak pada kepribadian, perilaku, cara belajar, dan berpengaruh pada kemampuannya dalam mencari nafkah. Urutan kelahiran anak juga mempengaruhi kesuksesan seseorang, terutama pada anak-anak yang berasal dari keluarga besar atau dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan (Masbudi, 2006). Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara urutan kelahiran dalam keluarga dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Muhammadiyah I Klaten. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif yang menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden pada kelas XI. variabel bebas adalah urutan kelahiran. Variabel terikat adalah kecerdasan emosional. Uji statistik untuk membuktikan hipotesis ada hubungan antara urutan kelahiran dalam keluarga dengan kecerdasan emosional pada remaja pada penelitian ini menggunakan korelasi Spearman Rank dengan bantuan program SPSS for windows versi 12.00 Kesimpulan : hasil uji statistik korelasi rank spearman diperoleh nilai rhoxy sebesar 0,395 dan nilai rtabel pada tingkat signifikansi 5% dengan N = 77 adalah 0,364, maka 0,395 > 0,364. Sedangkan nilai (p-value) 0,0001 < 0,05. sehingga disimpulkan terdapat hubungan antara urutan kelahiran dalam keluarga dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Muhammadiyah I Klaten

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: urutan kelahiran , kecerdasan emosional
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Feb 2010 09:08
Last Modified: 21 Jun 2011 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item