FATHURRAHMAN, FADLY (2009) EFEKTIFITAS MODEL PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI KELURAHAN MARGOMULYO NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
J210030013.pdf Download (48kB) |
|
PDF
J210030013.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang. Pada masa remaja terjadi peningkatan minat terhadap masalah seks, sehingga timbul dorongan untuk melakukan perilaku seksual. Perilaku tersebut akan menimbulkan masalah antara lain kehamilan yang tidak diinginkan, sehingga remaja terpaksa harus kawin muda (Fuad cit mintarsih, 2007). Selain itu akibat perilaku seksual yang tidak diharapkan seringkali menimbulkan risiko dikucilkan oleh masyarakat serta terganggunya kesehatan dan risiko kehamilan serta kematian bayi yang tinggi (Sarwono, 2001). Metode. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental dengan rancangan penelitan non-equivalen pretest and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja di Keluarahan Margomulyo Ngawi yang berjumlah 318 orang. Sampel penelitian sebanyak 76 orang, dengan kriteria 38 orang ditetapkan sebagai kelompok perlakuan 1 dan 38 orang ditetapkan sebagai kelompok perlakuan 2. Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan kesehatan reproduksi dengan media CD lebih efektif meningkatan pengetahuan remaja di Kelurahan Margomulyo Ngawi tentang kesehatan reproduksi dibandingkan media modul, dan (2) Pendidikan kesehatan reproduksi dengan media CD lebih efektif meningkatan sikap remaja di Kelurahan Margomulyo Ngawi tentang kesehatan reproduksi dibandingkan dengan media modul.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 07:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 13:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6392 |
Actions (login required)
View Item |