PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Survey pada FE Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Waqiah , Ida (2009) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Survey pada FE Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200050300.PDF

Download (148kB)
[img] PDF
B200050300.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan nilai-nilai mata kuliah dibidang akuntansi. Yang diwakili oleh mata kuliah akuntansi pengantar 1, akuntansi pengantar 2, akuntansi keuangan menengah 1, akuntansi keuangan menengah 2, akuntansi keuangan lanjutan, pengauditan 1, pengauditan 2, dan teori akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah menempuh 120 sks. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 orang mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2005 yang diambil dengan teknik comvinience sampling dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan realibilitas. Kemudian dengan pengujian asumsi klasik, dan untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji f, koefisien determinasi dan uji t. Hasil uji t menunjukkan: (1) untuk pengenalan diri nilai t hitung > t tabel (3,066>1,668) dengan signifikansi sebesar 0,003 sehingga pengenalan diri berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha1 diterima. (2) untuk pengendalian diri nilai t hitung > t tabel (2,287>1,668) dengan signifikansi sebesar 0,025 sehingga aspek pengendalian diri berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha2 diterima. (3) sedangkan motivasi nilai t hitung > t tabel (2,927>1,668) dengan signifikansi sebesar 0,005 sehingga aspek motivasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha3 diterima. (4) aspek empati nilai t hitung < t tabel (0,509<1,668) dengan signifikansi sebesar 0,612 sehingga aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha4 ditolak. (5) sedangkan keterampilan sosial nilai t hitung < t tabel (0,473<1,668) dengan signifikansi sebesar 0,638 sehingga keterampilan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha5 ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Diri, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, Keterampilan Sosial dan Tingkat pemahaman akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 16 Feb 2010 09:04
Last Modified: 13 Nov 2010 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item