IMROATUN, ENDAH SRI (2009) PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DI BERI PENYULUHAN TENTANG GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN YODIUM (GAKY) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SELO, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
J300060030.PDF Download (49kB) |
|
PDF
J300060030.PDF Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
Abstract
Gangguan Akibat Kekurangan Yodium atau GAKY adalah sekumpulan gejala yang timbul karena tubuh seseorang kekurangan unsur yodium secara terusmenerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Yodium adalah mineral yang terdapat di alam, baik ditanah maupun diair yang merupakan zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk membentuk hormon tiroksin yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasannya. Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Melakukan indera itu terjadi melalui panca indera manusia. Penyuluhan tentang GAKY dilakukan untuk meningkatkan bagaimana pengetahuan anak SD tentang GAKY. Selain itu juga sebagai parameter kejadian GAKY didaerah tersebut sehingga dapat selalu dipantau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan siswa antara sebelum dan sesudah diberi penyuluhan tentang GAKY di Sekolah Dasar Negeri 2 Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan rancangan one group pretest-postest. Populasi pada penelitian ini sejumlah 29 orang siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 2 Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Dari uji statistik dengan menggunakan uji Paired T-Test telah diperoleh nilai P= 0,000 yang berarti Ho ditolak maka ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi penyuluhan. Ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Bagi Tenaga Kesehatan diharapkan lebih meningkatkan program penyuluhan tentang GAKY ( Gangguan Akibat Kekurangan Yodium) dengan menggunakan media penyuluhan seperti poster, leaflet. Bagi Sekolah agar dapat memasukkan pelajaran tentang gizi pada PJOK. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, GAKY, Penyuluhan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3 |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Feb 2010 08:04 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6214 |
Actions (login required)
View Item |