Beda Pengaruh Latihan Dumbbell Beban Statis dan Latihan Dumbbell Beban Dinamis Terhadap Peningkatan Power Otot Biceps Brachii

Hamid Muhammad Iqbal, Iqbal and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, (2018) Beda Pengaruh Latihan Dumbbell Beban Statis dan Latihan Dumbbell Beban Dinamis Terhadap Peningkatan Power Otot Biceps Brachii. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi Ilmiah)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (13MB)
[img] PDF
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
01 LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Latihan dumbbell merupakan salah satu variasi dari latihan beban yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu, terutama otot biceps. Latihan menggunakan alat yang berupa dumbbell dan bench/bangku. Power adalah kekuatan otot yang bekerja dalam waktu singkat. Power adalah kemampuan otot untuk mengeluarkan kekuatan maksimal dalam waktu yang amat singkat. Rumus yang digunakan dalam power adalah: power atau daya ledak otot = kerja atau waktu = kekuatan x jarak tempuh. Kekuatan adalah istilah luas yang mengacu pada kemampuan jaringan kontraktil untuk menghasilkan ketegangan dan gaya resultan berdasarkan permintaan pada suatu lokasi otot. Kecepatan adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk menjawab rangsangan dalam waktu secepat dan sesingkat mungkin. Latihan yang bisa meningkatkan daya ledak otot lengan salah satunya adalah latihan dumbell. Latihan dumbbell atau Barbell press dapat dilakukan dengan mengunakan dumbell atau barbell dengan posisi berdiri maupun duduk. Apabila latihan dengan mengunakan barbell dan dalam posisi berdiri maka beban yang di angkat dapat lebih berat sehingga dapat membantu pertumbuhan area punggung.Tujuan penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui beda pengaruh pemberian latihan dumbbell beban statis dan pemberian latihan dumbbell beban dinamis terhadap power otot biceps brachii. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre and Post Test Two Group Design pada pemain basket di UKM basket UMS yang aktif dalam latihan rutin dan mengikuti tourtnament yang diambil berjumlah 16 orang responden yang dibagi menjadi 8 orang latihan dumbbell beban statis dan 8 orang latihan dumbbell beban dinamis. Data diambil berupa usia dan pengukuran kemampuan power otot biceps brachii dengan alat ukur two hand medicine ball putt. Berdasarkan uji beda pengaruh menggunakan uji Independent Sampels T-Test didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) p 0.035 < 0,05 yang bermakna Ho ditolak yaitu ada beda pengaruh pemberian latihan dumbbell beban statis dan pemberian latihan dumbbell beban dinamis. Data disimpulkan ada beda pengaruh pemberian latihan dumbbell beban statis dan pemberian latihan dumbbell beban dinamis terhadap power otot biceps brachii.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: latihan dumbbell, power, two hand medicine ball putt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: MUHAMMAD IQBAL HAMID
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:59
Last Modified: 21 Nov 2019 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62036

Actions (login required)

View Item View Item