Desain dan Optimisasi Sistem Suspensi Pegas Daun Pada Kendaraan Roda 3 Dengan Menggunakan CATIA V5

Lukman, Lukman and , Agus Dwi Anggono, ST, M.Eng, Ph.D and , Ir. Sarjito, MT, Ph.D (2018) Desain dan Optimisasi Sistem Suspensi Pegas Daun Pada Kendaraan Roda 3 Dengan Menggunakan CATIA V5. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (PUBLIKASI ILMIAH)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN Edit.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Pengurangan berat bahan pada komponen kendaraan merupakan satu isu yang ada di dunia industri otomotif. Suspensi pegas daun merupakan salah satu item potensial untuk menurunkan berat kendaraan karena menyumbang 10% - 20% dari berat unsprung weight. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan optimisasi desain pegas daun dan analisis statik pegas daun pada kendaraan roda 3. Optimisasi desain dilakukan dengan Design of Experiment (DOE) pada pegas daun Original dengan tiga variasi desain masing-masing yaitu modifikasi 1, modifikasi 2 dan modifikasi 3. Modifikasi 1 dilakukan dengan pengubahan desain tanpa menggunakan alur/slot, Modifikasi 2 dilakukan dengan pengubahan desain dengan menggunakan 3 alur/slot , dan Modifikasi 3 dilakukan dengan pengubahan desain dengan menggunakan 1 alur/slot. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep reverse engineering yang diawali dengan mengumpulkan data-data geometri pegas daun pada kendaraan roda 3. Data-data tersebut dipakai sebagai acuan dalam mendesain komponen mengunakan software CATIA V5. Assembly komponen menjadi kesatuan dilakukan setelah semua bagian sistem pegas daun selesai digambar. Setelah gambar desain dihasilkan pada CATIA V5 tersebut, dilakukan analisa tegangan Von Mises dan displacement yang terjadi pada 3 variasi mesh dan variasi beban 2550, 2648, 2746, 2844, 2942, 3040, 3138, 3236, 3334, dan 3432 N. Hasil analisis tegangan Von Mises dan displacement pada 3 modifikasi pegas daun dengan variasi 3 mesh dapat disimpulkan bahwa perbandingan antara tegangan von mises dan variasi beban adalah linier yaitu semakin berat beban maka tegangan von mises akan semakin besar dan semakin banyak elemen maka tegangannya juga semakin besar. Pada 3 modifikasi pegas daun yang telah dibuat bahwa pegas dengan tanpa alur pada modifikasi 1 memiliki tegangan von mises paling tinggi dibandingkan dengan pegas daun yang dibuat beralur/slot. Pegas daun modifikasi 3 yang menggunakan 1 alur/slot menghasilkan tegangan von mises dan displacement yang lebih rendah dari modifikasi 1. Pegas daun modifikasi 2 yang menggunakan 3 alur/slot menghasilkan tegangan von mises dan displacement yang lebih rendah dari modifikasi 3. Kata Kunci : Pegas Daun, Metode Elemen Hingga, Simulasi, Analisis Statik, Von Mises, CATIA

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pegas Daun, Metode Elemen Hingga, Simulasi, Analisis Statik, Von Mises, CATIA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username u100160010
Date Deposited: 24 Mar 2018 08:43
Last Modified: 24 Mar 2018 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60789

Actions (login required)

View Item View Item