ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK AIR MINUM BERKARBONASI MEREK FANTA, COCA-COLA DAN SPRITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiwa Fakultas Ekonomi UMS Surakarta)

WIDAYANTI, LIKA (2009) ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK AIR MINUM BERKARBONASI MEREK FANTA, COCA-COLA DAN SPRITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiwa Fakultas Ekonomi UMS Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050239.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
B100050239.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor Kesadaran Merek (Brand Awareness), Assosiasi Merek (Brand Association), Persepsi Merek (Perceived Quality) dan Loyalitas Merek (Brand Loyalty), berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk air minum berkarbonasi merek Fanta, Coca-cola dan Sprite. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan ekuitas merek produknya dan menjadi suatu asset yang berharga bagi perusahaan. Untuk menjawab hipotesis dalam penelitian digunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada minuman berkarbonasi merek Fanta keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh brand awareness dan brand association. Pada minuman berkarbonasi merek Coca-Cola keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh brand awareness dan brand perceived quality dan pada minuman berkarbonasi merek Sprite keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh brand awareness, brand association dan brand loyalty. Namun berdasarkan hasil pengujian secara simultan dapat diketahui bahwa brand equity merupakan faktor yang mempengaruh keputusan pembelian minuman berkarbonasi merek Fanta, Coca-cola dan Sprite.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: brand awareness, brand association, brand perceived quality, brand loyalty, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 08:51
Last Modified: 15 Nov 2010 18:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item