Implementasi Kurikulum Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Mukmin dan Madrasah Aliyah Al Falah Sukoharjo Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017)

Khusnul Khotimah, ika and , Dr.Sudarno Shobron, M.Ag and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag (2018) Implementasi Kurikulum Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Mukmin dan Madrasah Aliyah Al Falah Sukoharjo Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (722kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI_0001.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penyiapan kurikulum dan guru bahasa Arab, implementasi kurikulum bahasa Arab dan evaluasinya di Madrasah Aliyah Al Mukmin dan Madrsasah Al Falah Sukoharjo. Penelitian ini dikhususkan untuk meneliti kelas X Madrasah Aliyah Al Mukmin dan Madrsasah Al Falah Sukoharjo.tahun pelajaran 2016/2017. Diharapkan hal ini cukup dapat mewakili kondisi secara umum terhadap Implementasi Kurikulum Bahasa Arab di kedua sekolah tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang bersumber dari kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati yang diarahkan pada latar dan individu secara utuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan implementasi kurikulum bahasa Arab di madrasah Aliyah Al Mukmin dan Madrasah Aliyah Al Falah telah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab yang menekankan prioritas, ketepatan, tahapan-tahapan bahasa, dan motivasi. Metode pengajaran secara gramatikal, audio, reading, dan cognitive juga diterapkan kedua madrasah tersebut dengan baik. Kata Kunci : impelmentasi kurikulum, pembelajaran bahasa Arab, kelas X Madrasah Aliyah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum, PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, kelas X Madrasah Aliyah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: IKA KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2018 04:51
Last Modified: 17 Jan 2018 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/58074

Actions (login required)

View Item View Item