ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL “AQUA” DI KECAMATAN KARTASURA

RAHARJO, ARIF SETIAWAN (2009) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL “AQUA” DI KECAMATAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040246.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
B100040246.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

Sebuah perusahaan yang ingin merebut dan menguasai pasar yang ada haruslah memahami konsumennya. Dengan memahami perilaku konsumen dalam membeli produk air mineral, pihak perusahaan dapat mengetahui dengan sebenarnya apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, juga alasan konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk. Selain itu perusahaan juga mengetahui adanya peluang-peluang pasar yang mungkin dapat dipenuhi oleh produk perusahaan. Pemahaman tentang perilaku konsumen adalah sangat penting untuk mencapai kesuksesan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian air mineral “AQUA” di Kecamatan Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen air mineral “AQUA” di Kecamatan Kartasura. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji F dapat disimpulkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien Beta untuk variabel promosi sebesar 0,560 yang lebih besar dari nilai koefisien Beta variabel produk (0,329), distribusi (0,150) dan variabel harga (-0,128).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, distribusi, promosi, harga, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 26 Jan 2010 08:11
Last Modified: 15 Nov 2010 18:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item