SANTOSA, DWI (2009) ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN KOMISIF PADA BAHASA PERCAKAPAN ANAK TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JANTRAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310050224.PDF Download (82kB) |
|
PDF
A310050224.PDF Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK? (2) Bagaimanakah strategi tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK? (3) Bagaimanakah teknik tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK? Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur yang digunakan oleh anak TK. (2) Untuk mengetahui strategi tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK. (3) Untuk mengetahui teknik tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK. Jenis penelitian termasuk penelitian kasus dan lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data diperoleh dari anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jantran, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009. Data dikumpulkan dengan metode simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode baca markah dan metode padan cara pilah unsur. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK: (a) Tindak tutur direktif: tindak tutur direktif (directives), ilokusi ini bertujuan menghasilkan suatu efek berupa tindakan yang dilakukan oleh lawan tutur. yaitu memerintah dan memberi nasehat. (b) Tindak tutur komisif, komisif (commissive), ilokusi ini sedikit banyak terikat pada suatu tindakan di masa depan, yaitu menjanjikan dan menawarkan. Tindak tutur komisif ada dua macam, yaitu menawarkan dan menjanjikan. (2) Strategi tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK, strategi tindak tutur direktif dan komisif hanya menggunakan strategi tindak tutur langsung. Secara formal berdasarkan modusnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Untuk strategi tindak tutur tidak langsung tidak ditemukan dalam penelitian. (3) Teknik tindak tutur direktif dan komisif pada percakapan yang digunakan oleh anak TK, teknik tindak tutur direktif dan komisif dalam penelitian ini hanya ada satu macam teknik yang digunakan oleh anak TK saat percakapan adalah teknik tindak tutur literal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak Tutur Direktif dan Komisif, Percakapan, Anak TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 25 Jan 2010 08:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5749 |
Actions (login required)
View Item |