PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 MOJOSONGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

WIDARTI , WIDARTI (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 MOJOSONGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050065.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A210050065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi, 2. Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi, dan 3. Mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali tahun ajaran 2009/2010. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 200 siswa, sampel diambil sebanyak 40 siswa. Data persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga diperoleh melalui angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh persamaan regresi : Y = 53,546 + 0,732.X1 + 0,752.X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 37,284 > 3,23 (taraf signifikansi 5%) berarti antara persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling diperoleh thitung > ttabel atau 4,382 > 2,021 dan untuk variabel lingkungan keluarga diperoleh thitung > ttabel atau 3,503 > 2,021 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,668 ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa dalam kegiatan bimbingan konseling dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 66,8%. Sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya Sumbangan Relaif untuk variabel X1 sebesar 57%, untuk X2 sebesar 43% dan besarnya Sumbangan Efektif untuk X1 sebesar 38,1% dan untuk X2 sebesar 28,7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi dalam kegiatan bimbingan konseling, lingkungan keluarga, dan prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2010 02:36
Last Modified: 10 May 2011 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item